T1.1. TUGAS REFLEKSI MULAI DARI DIRI FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA
Nama
: Zuhaida Imarotul Ulya
NIM : 24402400809
Prodi : Bahasa Indonesia
T1.1.
TUGAS REFLEKSI MULAI DARI DIRI FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA
|
Refleksi |
Respon |
|
1. Pengalaman
apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang
membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu) |
Pengalaman
yang membuat saya rindu bersekolah adalah suasana yang menyenangkan di
sekolah. Kesempatan untuk belajar banyak hal dengan nyaman adalah pengalaman
yang tidak dapat dirasakan di tempat lain. Sekolah adalah tempat terbaik
untuk belajar, meningkatkan skill, mengembangkan bakat, berbagi pemikiran,
bertukar ide, dan berdiskusi tentang suatu hal yang dipelajari. Sekolah bukan
hanya belajar materi dengan berbagai mata pelajaran. Sekolah bagi saya adalah
belajar kemanusiaan, kepedulian, tanggung jawab, manajemen diri, dan disiplin
waktu. |
|
2. Peristiwa
apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang
pembelajar? |
Proses
pembelajaran di kelas adalah waktu yang baik untuk saya merasa berkembang dan
belajar sebagai seorang pembelajar. Kegiatan belajar di kelas meningkatkan
pengetahuan saya tentang suatu hal. Selain itu ketika saya mencoba hal baru
dan berhasil menyelesaikannya, hal ini membuat saya merasa bersemangat dan
berani untuk terus mengasah diri. Namun, kegiatan ekstrakulikuler adalah
momen lain yang membuat saya semakin mengenal potensi dan minat bakat saya.
Hal tersebut sedikit banyak membantu saya memilih masa depan yang harus saya
ambil, salah satunya menjadi seorang guru. |
|
3. Anda
tentu mempunyai sosok guru idola? Mengapa anda mengidolakannya? |
Salah
satu guru yang menginspirasi saya adalah guru bahasa Indonesia seseorang yang
memiliki kemampuan untuk menyampaikan materi secara kreatif dan mudah
dipahami. Dia memanfaatkan lingkungan alam sekitar untuk membantu siswa dalam
memahami materi secara lebih baik. Selain itu, dia selalu bersemangat untuk
menjelaskan setiap topik, di setiap pembelajarannya berusaha untuk membuat
siswa tertarik dengan aktivitas-aktivitas yang diarahkan padanya. Di samping
itu, dia juga sangat berdedikasi dan menjadi mentor yang bijaksana bagi
siswa. |
|
4. Cobalah
anda renungkan selama sekolah dan kuliah, proses belajar apa yang dampaknya
saudara rasakan sampai saat ini? (diharapkan mahasiswa mengungkapkan proses
kognitif dan afektif yang didapat selama belajar) |
Salah
satu pengalaman yang berkesan bersama guru Bahasa Indonesia saya adalah saat
mendapatkan materi mengenai deskripsi teks, guru mngajak murid untuk belajar
di luar kelas sambil menghirup udara segar di sekitar sendang dan perkebunan,
murid-murid diberi tugas untuk mendeskripsikan apa yang telah ia amati di
area tersebut yang kemudian dituangkan menjadi sebuah deskripsi teks.
Sehingga pembelajarannya menjadi lebih menarik dan tugas yang diberikan pun
terasa ringan. |
|
5. Mengapa
saya memilih menjadi guru? Dan bagaimana saya menjadi guru yang berpihak pada
peserta didik? |
Pernah.
Apa yang saya lakukan adalah membuat konsep
yang sama untuk mempelajari materi. Ketika menjumpai seorang murid yang tidak
paham atau kurang menyukai pelajaran, saya katakan bahwa cobalah belajar
dengan minat dan bakat masing-masing. Hal ini membantu siswa untuk memahami
materi dengan lebih baik. |
Komentar
Posting Komentar