T1.1. TUGAS REFLEKSI MULAI DARI DIRI FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA

 

Nama : Zuhaida Imarotul Ulya

NIM   : 24402400809

Prodi  : Bahasa Indonesia

 

T1.1. TUGAS REFLEKSI MULAI DARI DIRI FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA

Refleksi

Respon

1.      Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)

Pengalaman yang membuat saya rindu bersekolah adalah suasana yang menyenangkan di sekolah. Kesempatan untuk belajar banyak hal dengan nyaman adalah pengalaman yang tidak dapat dirasakan di tempat lain. Sekolah adalah tempat terbaik untuk belajar, meningkatkan skill, mengembangkan bakat, berbagi pemikiran, bertukar ide, dan berdiskusi tentang suatu hal yang dipelajari. Sekolah bukan hanya belajar materi dengan berbagai mata pelajaran. Sekolah bagi saya adalah belajar kemanusiaan, kepedulian, tanggung jawab, manajemen diri, dan disiplin waktu.

2.      Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?

Proses pembelajaran di kelas adalah waktu yang baik untuk saya merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar. Kegiatan belajar di kelas meningkatkan pengetahuan saya tentang suatu hal. Selain itu ketika saya mencoba hal baru dan berhasil menyelesaikannya, hal ini membuat saya merasa bersemangat dan berani untuk terus mengasah diri. Namun, kegiatan ekstrakulikuler adalah momen lain yang membuat saya semakin mengenal potensi dan minat bakat saya. Hal tersebut sedikit banyak membantu saya memilih masa depan yang harus saya ambil, salah satunya menjadi seorang guru.

3.      Anda tentu mempunyai sosok guru idola? Mengapa anda mengidolakannya?

Salah satu guru yang menginspirasi saya adalah guru bahasa Indonesia seseorang yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan materi secara kreatif dan mudah dipahami. Dia memanfaatkan lingkungan alam sekitar untuk membantu siswa dalam memahami materi secara lebih baik. Selain itu, dia selalu bersemangat untuk menjelaskan setiap topik, di setiap pembelajarannya berusaha untuk membuat siswa tertarik dengan aktivitas-aktivitas yang diarahkan padanya. Di samping itu, dia juga sangat berdedikasi dan menjadi mentor yang bijaksana bagi siswa.

4.      Cobalah anda renungkan selama sekolah dan kuliah, proses belajar apa yang dampaknya saudara rasakan sampai saat ini? (diharapkan mahasiswa mengungkapkan proses kognitif dan afektif yang didapat selama belajar)

Salah satu pengalaman yang berkesan bersama guru Bahasa Indonesia saya adalah saat mendapatkan materi mengenai deskripsi teks, guru mngajak murid untuk belajar di luar kelas sambil menghirup udara segar di sekitar sendang dan perkebunan, murid-murid diberi tugas untuk mendeskripsikan apa yang telah ia amati di area tersebut yang kemudian dituangkan menjadi sebuah deskripsi teks. Sehingga pembelajarannya menjadi lebih menarik dan tugas yang diberikan pun terasa ringan.

5.      Mengapa saya memilih menjadi guru? Dan bagaimana saya menjadi guru yang berpihak pada peserta didik?

Pernah.  Apa yang saya lakukan adalah membuat konsep yang sama untuk mempelajari materi. Ketika menjumpai seorang murid yang tidak paham atau kurang menyukai pelajaran, saya katakan bahwa cobalah belajar dengan minat dan bakat masing-masing. Hal ini membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA SIH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI ITU?

POROS BUDAYA DALAM ERA GLOBALISASI